Tentang Hati


Tentang Hati Footravelers

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat datang kembali bersama admin PlayboyJomblo, mau sedikit cerita nih, bukan cerita tentang traveling kemana mana tapi tentang hati yang traveling dan ingin menetap di hati lainnya (padahal sebenernya gw gapunya hati). Lemesin bray tulisannya gapenting kok jadi gausah dibaca sampe abis, bacanya santai aja kaya di pantai selow kaya di danau rileks kaya yang lagi pake kutex lah lah lah. Bodoamat deh ya gw mau mengarang bebas aja disini sekalian curhat, btw nilai Bahasa Indonesia gw gede kok dulu, lumayan jago ngarang cerita buat boong ke orang soalnya, oiya gw tegaskan gambar hanya sebagai illustrasi yak, jadi jangan nanya ini orangnya apa bukan.


Ngomong-ngomong tentang boong, masalah hati gabisa boong sih yaa minimal lu gabisa boong sama diri lu sendiri, meski lu udah berusaha nutup nutupin pasti akhirnya tu bangke kecium juga. Oia yang suka boongin diri sendiri jangan lupa banyak makan ya soalnya pura pura bahagia juga butuh lebih banyak energi.

Jadi orang yang ga gampang nyaman sama orang itu susah emang yah, sekalinya nyaman susah lepas meski yang bikin nyaman udah sama orang laen haha. Meski udah lama ga bertegur sapa tapi tetep aja belum bisa moveon judulnya. Iya sih bener kata orang, yang bukan siapa-siapa mana bisa dapet apa-apa?

Nah tapi itu dulu! Sekarang gw mau cerita yang lain.

Kayanya sekarang gw udah bisa moveon “tapi nempel lagi sama yang lain” haha. Lu pada percaya ga sih seseorang bisa nyaman hanya dengan tutur kata? Bukan raut muka ataupun yang disebut orang dengan pandangan pertama.

Mungkin yang dibilang kekuatan kata-kata itu emang bukan isapan jempol belaka. Sekarang gw nyaman sama orang ini, gatau dianya, mungkin besok atau lusa (apadah)…

Mungkin lebih ke nyambung aja diajak ngomong, tapi kalo dia ngomong gw pasti merhatiin baik baik apa yang diomongin. Kaya kalo di film film orang terpaku sama si cewe terus mendadak slowmotion hehe, ga jauh sama yang gw alamin gw terpaku tiap dia ngomong, apapun yang diomongin sama dia jadi menarik buat gw. Euh si eneng, aku padamu pisan neng haha.

Tapiii mungkin gw gabakal ngomong ke orangnya, kita liat aja mungkin waktu akan menjawabnya cepat atau lambat.

Kenapa gw gamau ngomong? Mungkin sekarang emang udah bukan waktu yang tepat untuk lama lama jagain jodoh orang, siapa yang tau? Kalo emang orang ini tepat pasti bakal dibukain jalannya sama tuhan, tugas gw cuma memperbaiki diri dan memantaskan diri, itu aja sih karna gw yakin wanita yang baik untuk lelaki yang baik juga begitupun sebaliknya.

Gw bingung mau nulis apa lagi, kalo ada yang mau bagi cerita atau ngasih saran baiknya gimana monggo bisa ditulis di komen yaaak…

Nanggung yak? Iyak kan gw bilang gausah dibaca sampe abis elah, jangan salahin gw kalo lu rugi baca ini haha

Oke jangan lupa untuk membaca artikel lain di blog ini, artikel lain lebih bermanfaat kok beneran ga kayak artikel yang ini.

Dunia seluas kaki melangkah -Footravelers

Paket Komplit Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi


Situ Gunung sukabumi

Hallo footravelers!

Kali ini gw mau bahas tentang  wisata wisata alam yang ada di sukabumi, tepatnya di kabupaten sukabumi yaitu daerah Cisaat. Mungkin sudah banyak warga sukabumi yang tahu tempat ini, selain tempatnya yang stratergis dan tak jauh dari pusat kota, wisata ini menawakan indahnya danau dan air terjun disatu kawasan.

Danau disini namanya danau situ gunung yang sebenarnya situ artinya danau dalam Bahasa sunda dan ada air terjun / curug sawer yang airnya selalu mengalir sepanjang tahun. Tak Cuma itu, sekarang ada objek wisata baru lho di kawasan situ gunung yaitu suspension bridge situ gunung atau biasa disebut jembatan gantung yang semakin melengkapi kawasan objek wisata situ gunung ini.

suspension bridge Situ Gunung sukabumi


Suspension bridge situ gunung ini diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang yang ada di Indonesia dengan panjang 240m dan ketinggian 150m. Supension bridge ini menghubungkan 2 bukit yang terpisah sekaligus menjadi jalan pintas yang bisa dipakai untuk menuju ke air terjun/curug sawer, jadi pengunjung tak perlu repot repot untuk turun-naik bukit untuk mencapai curug sawer. Tak hanya itu, jaraknya yang panjang dan pemandangan yang bagus disini menjadi spot foto yang menarik bagi pengunjung, dijamin kekinian kalau sudah foto disini hehe.

Tapiii, ada tapinya nih ya guys, untuk sekarang per bulan mei 2018 suspension bridge situ gunung belum dibuka untuk umum, alias maasih digembok! Sebenarnya pembuatan suspension bridge nya sudah rampung dari akhir bulan januari, tetapi menurut desas desus yang gw denger alasan belum dibukanya suspension bridge ini karena menunggu pembangunan penginapan dan tempat makan yang ada di kawasan situ gunung ini beres dulu, nah sehabis itu baru deh suspension bridge nya dibuka. Mau tau kapan suspension bridge nya dibuka? Monggo dibaca sampai akhir. 

Tapi memang (yah kok tapi lagi -_-) kemarin pas gw kesana pembangunan lagi gencar gencarnya, mulai dari dekat pintu masuk kawasan situ gunung sampai dengan dekat curug sawer.
Kalo dilihat dari konstruksinya sih bakal ada spot foto baru diatas bukit, tapi belum pasti juga karna itu cuma gw aja yang sok tau hehe. Seru sih kalau semua fasilitas disini sudah beres, bakal lengkap banget sih keliatannya, kayanya nanti juga bakal kaya tempat wisata alam ala ala lodge maribaya yang ada di lembang bandung.

pendopo curug sawer Situ Gunung sukabumi


Oiya di curug sawer juga sekarang sudah ada pendopo untuk spot foto di depan air terjunnya lho, jadi ya bisa dibilang tempat ini instagramable banget deh. Seperti yang udah gw debutin di atas, didekat curug sawer pun sedang ada pembangunan yang gw pun gatau itu mau dibikin apa, yang keliatan udah jadi Cuma fasilitas masjid doing sih, dan masih ada beberapa spot yang belum jadi di kawasan curug sawer ini. Buat kalian yang mau main basah basahan, ga perlu kuatir karna disini juga sudah tersedia toilet.

Situ Gunung sukabumi


Kok kayanya gw cerita masih banyak yang kurang ya? Oiya gw belum ceritain danau nya hehe. Untuk kalian yang ingin bersantai tanpa naik turun bukit, kalian bisa langsung ke danau situ gunung ini. Disini cocok buat ngobrol ngobrol tepi danau sambil melihat pemandangan danau yang luas, tapi jangan lupa kopinya dibawa yaa hehe. Ga bawa kopi? Seloooow disini banyak pedagang kok, jadi gampang deh kalo mau jajan, tempat solat pun sudah ada disini, jadi kalo kalian pengen solat yang adem, ditemani angin sepoy-sepoy  datenglah kesini hehe.

Nah untuk kalian yang belum tau lokasi dan jalan ke lokasi kawasan wisata situ gunung ini, tempatnya berada di cisaat sukabumi, tak jauh dari kota sukabumi. Dari arah kota sukabumi hanya cukup belok kanan disebrang alun alun cisaat tepatnya pertigaan sebelah polsek cisaat dan kalau kalian dari arah bogor, belok kiri di sebrang alun alun cisaat yaa. Dari situ hanya lurus mengikuti jalan saja sampai mentok dikaki gunung gede kira kira jaraknya sekitar 10 KM , nanti ada plang kawasan wisata situ gunung. Nah untuk yang tak membawa kendaraan pribadi, perjalanan kesini bisa ditempuh menggunakan angkot warna merah yang ada di pertigaan samping polsek cisaat, kalau naik angkot turun dimana? Pokoknya sampe angkotnya berenti di batas trayeknya, nah dari situ bisa dilanjutkan jalan kaki atau naik ojek. Ongkosnya berapa? Gw gatau soalnya kemarin bawa kendaraan pribadi hehe.
Untuk tiket masuknya (sejauh ini per bulan mei 2018) harganya Rp. 16.000 per orang (belum termasuk parkir kendaraan). Mungkin kalau sudah jadi fasilitasnya atau setelah suspension bridge dibuka, harga bisa naik, siapa yang tau?

Tapi menurut gw harga segitu sebanding deh sama tempat wisata yang ada, disamping itu tempatnya bersih kok, ga banyak sampah soalnya banyak tong sampah yang disediakan oleh pihak pengelola (YAIYALAH MASA UDAH BANYAK TEMPAT SAMPAH MASIH BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, MALU KALI SEKOLAH 9 TAHUN TAPI MASIH BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, EMANGNYA BUANG MANTAN TUH SEMBARANGAN!).

Untuk keseluruhan tempatnya bagus, cocok untuk liburan keluarga, atau untuk sekedar jalan bareng gebetan yang ga jadi-jadi *eh kan*. Kalo kesini bawa gebetan sih fix dijamin gebetanmu bakal suka, tapi suka tempatnya aja bukan suka kamu haha.

Daaaan gw dapet bocoran katanya kemungkinan suspension bridge dibuka abis lebaran ini, mungkin sekitaran juni – juli, yaaa semoga saja, namanya juga rumor yah netijen, disemogakan saja seperti ia yang selalu aku semogakan haha.

Yap cukup yah nulisnya, masa iya mau dipanjangin lagi, mau ngomongin apa? Masa lalu? Masa depan? Au ah.

Udah ah, tapi gw ga bosen ngingetin buat yang mau berkunjung kemanapun tempat wisatanya, SAMPAH JANGAN DIBUANG SEMBARANGAN karna itu untuk kenyamanan kita juga.

Dunia seluas kaki melangkah –footravelers.

Estimasi Biaya dan Tips Pendakian Gunung Semeru 2018

footravelers estimasi biaya pendakian semeru

Hallo footravelers!

Kali ini saya akan membahas tentang gunung semeru lagi, jika kemarin saya bahas estimasi waktu pendakian semeru, sekarang saya akan bahas tentang estimasi biaya pendakian gunung semeru april tahun 2018, kebetulan memang jalur pendakian gunung semeru telah dibuka lagi awal april kemarin.

Sebenarnya saya sudah pernah membahas estimasi biaya pendakian semeru juga di blog saya yang dulu, tapi karena ongkos pendakian semeru yang tiap tahunnya selalu berubah seperti harga tiket kereta, harga jeep menuju semeru, dan harga simaksi semeru setiap tahunnya selalu berubah.

Maka dari itu saya akan menulis lagi atau lebih tepatnya mengupdate artikel lama saya  menjadi estimasi biaya pendakian gunung semeru april tahun 2018.

Gunung semeru yang terletak diantara Kab. Malang dan Kab. Lumajang memiliki ketinggian 3676 MDPL , tak heran banyak orang ingin sekali mendaki gunung ini, selain karena menjadi gunung tertinggi di pulau jawa, gunung semeru pun semakin memikat karena mempunyai danau di jalur pendakiannya yaitu ranu kumbolo.

footravelers estimasi biaya pendakian semeru

Yap langsung saja pada pembahasan estimasi biaya  pendakian gunung semeru.

Saya berangkat dari Jakarta bersama ke 2 teman saya naik kereta matarmaja pulang pergi dengan ongkos Rp 218.000 per orang atau Rp 109.000 sekali jalan. Jika anda berangkat dari kota lain silahkan cek tiket kereta nya di situs resmi KAI.

Waktu itu berangkat dari Jakarta hari rabu pukul 15:15 dan sampai malang hari kamis pukul 7:51 dengan rencana pendakian hari kamis sampai minggu 4 hari 3 malam.

Setelah sampai di stasiun malang saya bertemu dengan rombongan lain yang menuju semeru juga. Perjalanan dilanjutkan dengan carter mobil angkot stasiun malang – pasar tumpang. Harga per mobil sebenarnya pinter-pinter nawar kita saja rentang harga nya sekitar 130-150 ribu tapi si sopir pasti nawarin lebih dari harga itu, makannya tawat aja semampu kalian hehe. Kemarin saya dapat harga per 1 mobil Rp. 130.000 atau Rp. 17.000 per orang karena rombongan saya gabung dengan romongan lain sebanyak 5 orang jadi total 8 orang, murah bukan?

Tapi ini untuk skenario lebih dari 5 orang, jika kalian hanya bertiga dari statsiun malang menuju tumpang, saya ada alternative lain yaitu naik angkot jurusan terminal arjosari, dari terminal arjosari naik angkutan yang menuju ke tumpang. Saya tidak tahu berapa harganya, yang pasti akan lebih murah dibanding kalian carter 1 angkot bertiga. Kalau carter angkot bertiga harga gabakal beda jauh sama harga carter angkot berdelapan paling hanya diberi kurang Rp. 10.000 saja.

Nah setelah sampai di tumpang jika ada yang mau dibeli, langsung beli di pasar, atau jika ada kekurangan peralatan bisa juga sewa disitu, pokoknya persediaan yang belum lengkap bisa dilengkapi ditumpang.

Oiya dalam syarat pendakian gunung semeru terbaru 2018, surat sehat harus yang terbaru, kalau tidak salah pembuatan surat sehat maksumal H-1 dari waktu pendakian, jadi jika kalian belum membuat surat sehat untuk syarat pendakian gunung semeru, kalian bisa tanyakan ke abang jeep klinik pemeriksaan kesehatan di sekiar tumpang.

Harga jeep untuk perjalanan tumpang – ranu pani sekitar Rp. 700.000 dan tidak bisa ditawar.

Disini ada 2 opsi

  1. Menunggu  sampai jeep penuh biasanya 10-12 orang
  2. Langsung berangkat berapa orang pun meskipun belum penuh, tapi harga yang dikenakan tetap sama soalnya yang dihitung per mobil bukan per orang.

Saya memakai opsi pertama karena barengan saya 8 orang jadi saya menunggu 2 sampai 4 orang lagi untuk berangkat dan akhrnya saya berangkat di jeep 10 orang, ada tambahan 2 orang yang baru datang. Otomatis ongkos per orangnya Rp. 70.000 .

Sebenarnya ada alternative lain jika ingin lebih murah dan ga ribet yaitu carter jeep dari stasiun malang langsung ke ranu pani, banyak tempat carter jeep online, sebenarnya tempat penjemputan bisa disesuaikan tidak harus di st.malang tergantung kesepakatan dengan tempat sewa jeep itu. Harga carter jeep untuk pulang pergi mulai dari Rp. 150.000 sampai Rp. 300.000 per orang. Biasanya kalau carter jeep begini banyak keuntungannya, bisa dapet basecamp gratis dan lain lain.

Nah setelah tiba di ranu pani kita akan diajak briefing untuk diberi penjelasan mengenai aturan main jika ingin mendaki gunung semeru.

Masih ada yang nanya setelah briefing terus ngapain? Ya langsung nanjak atuhlah, eh ngga deh, harus konfirmasi pendaftaran dulu hehe

Nanjak semeru itu banyak godaannya, tiap pos jajan terus, dimana lagi nanjak gunung ada yang jual semangka sama gorengan yang super nikmat kaya di semeru (biasanya uang jajan terkuras disini).

Oiya tadi seperti yang telah disinggung di atas, TNBTS mengeluarkan peraturan pendakian gunung semeru baru tahun 2018 yaitu mendaftar simaksi online seperti pendaftaran simaksi yang dilakukan di gunung gede pangrango TNGGP. Jadi uang dibayarkan terlebih dahulu dengan cara transfer bank.

Untuk tarif mendaki gunung semeru dikenakan biaya Rp. 17.500 untuk week day dan Rp. 22.500 untuk week end. Saya melakukan pendakian hari kamis sampai hari minggu artinya saya harus membayar 2 hari weekday dan 2 hari weekend sebesar Rp. 80.000

Tarif tersebut berlaku untuk wisatawan lokal, ada harga kusus untuk wisatawan asing yaitu Rp. 210.000 untuk weekday dan Rp. 310.000 untuk weekend.

Nah jika naik gunungnya sudah selesai, sekarang kita bahas biaya untuk perjalanan pulang.

Dari ranupani – st.Malang , saya dapat jeep yang mau mengantar langsung ke stasiun malang dengan harga Rp. 700.000 untuk 8 orang jadi kita gaperlu ribet lagi nyari angkutan di tumpang.

Harganya kenapa sama padahal disini langsung dari ranu pani – st malang lebih jauh daripada perjalanan tumpang-ranu pani, karena di ranupani ini saya ditawari langsung oleh sopirnya untuk perjalanan pulang (gapake calo) walaupun ada calo tapi saya hoki mendapat tawaran langsung dari sopirnya. Disini kalian bisa koordinasi/tawar menawar harga dan sampai kemana di antarkannya.

Mungkin ada yang lebih murah lagi? tulis di komen yak!

Nah pulangnya saya naik kereta matarmaja lagi yang berangkat dari st malang pukul 17:30 sampai pukul 9:20 di pagi keesokan harinya di St. Senen (jkt) dengan harga yang sama yaitu Rp. 109.000.

Perlu diingat tiket kereta untuk weekend biasanya sudah habis jauh jauh hari, jika kehabisan mau tidak mau kalian harus beli yang harga lebih dari Rp. 200.000 maka pesanlah tiket dari jauh jauh hari supaya dapat tiket yang murah, kecuali kalau anda memang memiliki budget berlebih.

Karena perjalanan kereta lumayan lama yaitu sekitar 16 jam maka sediakan anggaran untuk membeli bekal makan  di luar stasiun, karena jika mambeli makan di kereta sekali makan bisa kena harga lebih dari 30 rb

Nah ringkasan biaya nya seperti dibawah ini.

No Nama Perjalanan angkutan Banyak Orang Biaya per kelompok Biaya Per orang
1 St. Senen – St. Malang Kereta Matarmaja 3 Rp. 327.000 Rp. 109.000
2 St. Malang – Pasar Tumpang Carter angkot 8 Rp. 130.000 Rp. 17.000
3 Pasar tumpang – Ranu Pani Carter Jeep 10 Rp. 700.000 Rp. 70.000
4 Ranu pani – st. Malang Carter Jeep 10 Rp. 700.000 Rp. 70.000
5 St. malang – St. Senen Kereta Matarmaja 3 Rp. 327.000 Rp. 109.000
6 Bekal di kereta ( 2 kali makan) pulang pergi
3 Rp. 120.000 Rp. 40.000
7 Patungan logistik dan sewa alat
3 Rp. 400.000 Rp. 133.000
9 Simaksi 4 H 3 M 3 Rp. 240.000 Rp. 80.000
8 Uang jajan Pribadi

Rp. 100.000
10 Biaya tak terduga Rp. 70.000
Jumlah Rp. 798.000

Jadi biaya yang dibutuhkan untuk pedakian gunung semeru dari Jakarta minimal 700 – 800 ribu saja memang ada perbedaan harga dari tahun 2016 kebanyakan yang berubah dari transportasi angkot serta jeep menuju ranu pani dan ketika pulangnya.

Yap cukup sampai sini saja tulisan kali ini, jika anda sudah membaca estimasi biaya pendakian gunung semeru 2018m jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom kimentar yaa. Tak lengkap jika tidak membaca estimasi waktunya, silahkan disimak artikelnya di link berikut ini Estimasi Waktu Pendakian Gunung Semeru.

Mau membaca estimasi pendakian lainnya? Monggo menuju ke artikel Estimasi Biaya Pendakian Gunung Merbabu.

jika ada yang ingin ditanyakan tidak usah sungkan untuk menulisnya di komentar, saya akan menjawabnya sebisa saya.

Nantikan tulisan-tulisan selanjutnya dari kami.

Dunia seluas kaki melangkah – Footravelers

I'm In Love With Yogyakarta

i'm in love with jogja

Sebelum tulisannya dimulai, saya hanya ingin memberitahu, sebelumnya saya sudah menulis tentang perjalanan gunung semeru, gunung salak dan gunung merbabu. Monggo yang mau baca bisa langsung klik link nya saja.

Yogyakarta adalah sebuah daerah istimewa yang letaknya ada di jawa bagian tengah, meski bukan termasuk provinsi jawa tengah karena daerah ini adalah daerah istimewa layaknya Jakarta, dari itu banyak sekali yang bertanya Yogyakarta berada di provinsi apa? Dan jawabannya sudah saya jabarkan diatas.

Mengapa saya sangat suka dengan kota ini? oh jogja, mengapa kau begitu angggun dari mulai wisata alam, wisata budaya sampai wisata modern juga ada! Kota ini sangat berkesan seperti mempunyai kepribadian yang khas dibanding kota-kota lain yang ada di Indonesia.

Bagi kebanyakan pecinta traveling mungkin jogja ini adalah paket komplit untuk traveling karena ada banyak tempat yang bisa dikunjungi disini, bukan hanya itu, biaya hidup disini pun tidak terlalu mahal setidaknya untuk 3 hari sampai 1 minggu disini kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Footravelers I'm In Love with Jogjakarta
Bukit Suroloyo
Untuk wisata alam Yogyakarta pun banyak yang bisa dipilih dari pagi sampai petang! Pagi melihat matahari terbit di bukit suroloyo atau di sunrise spot diatas pohon pinus hutan pinus mangunan (yang ini sedang menjadi wisata kekinian jogja di tahun 2018).
Foto di ketinggian pohon dengan pemandangan hutan yang ada di kali biru, berbagai wisata sungai / curug / gua seperti menghanyutkan diri pada ban cave tubing di kali suci dan gua vertical bernama goa jomblang.

Footravelers I'm In Love with Jogjakarta
cave tubing - Kali Suci

Ingin menjajal wisata pantai? Bisa! Datang saja ke gunung kidul disepanjang garis pantai ini banyak pantai yang mengesankan seperti pantai drini, bisa juga naik gondola tradisional atau jembatan gantung di pantai timang. Mengakhiri hari di gunung kidul juga bisa sangat mengesankan di bukit kosakora, bukit yang tepat berada tepat di atas pantai ini digunakan sebagai sunset spot yang menakjubkan karena kita bisa melihat sunset bersamaan dengan melihat laut dari ketinggian! Atau ingin yang beda dan tidak ada di tempat lain? Coba kunjungi gumuk pasir! disini kita bisa surfing diatas tumpukan pasir laut yang berbukit-bukit seperti sedang berada di gurun pasir timur tengah! Jika kalian mau berkunjung ke gumuk pasir, datanglah saat sore menjelang, karena terik matahari disini sangat menyengat sekali. Pulang dari gunung kidul kemalaman? Jangan lupa mampir di bukit bintang sambil menikmati makanan ditemani cahaya lampu kota jogja yang indah. Mau naik gunung yang ga jauh dari jogja? Merbabu jawabannya! Estimasi biaya nya sudah saya ulas di part estimasi biaya pendakian gunung merbabu.

Footravelers I'm In Love with Jogjakarta
bukit kosakora - Gunung Kidul

Untuk wisata budaya Yogyakarta juga tak kalah asik seperti berkunjung ke taman sari jogja, melihat warisan nusantara seperti candi Borobudur dan candi prambanan, dan berkunjung ke keraton jogja. Dimalam harinya alun alun kidul atau malioboro saya rasa bisa menjadi penutupan hari yang menyenangkan karena disini selalu ramai oleh wisatawan lokal dan internasional. Di alun alun kidul anda bisa menikmati jajanan yang ada di warung kaki lima, menaiki odong-odong yang penuh lampu dan jika anda mau silahkan buktikan mitos tentang kedua pohon beringin yang ada di alun alun kidul ini. Untuk wisata modern/edukasi bisa mengunjungi taman pintar yang bisa membuat anak-anak gembira jika dibawa pergi berlibur kesini.

Footravelers I'm In Love with Jogjakarta
Taman Sari Jogjakarta (source)

Satu lagi, yaitu wisata kuliner Yogyakarta! Wisata kuliner di jogja dijamin ga bakal bosan dari mulai bakpia pathok yang  banyak memakai nomor pada merknya, angkringan yang selalu ada disetiap sudut kota dengan penjual angkringan yang suka bercanda menjelekkan angkringan yang ada di sebelahnya (ini mereka cuma becanda ya), ayam geprek yang murah dan porsinya bikin kenyang, gudek yu djum yang sudah berdiri dari tahun 1950 dan namanya sudah melakat menjadi salahsatu makanan legendaris di kota Yogyakarta dan seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, wisata kuliner sembari menikmati cahaya lampu jogja dari ketinggian di bukit bintang.

Jika anda akan mengunjungi jogja saiap siap untuk jatuh cinta dengan kota ini. Untuk waktu traveling disini yang pasti 3 hari ga akan cukup untuk mengunjungi semua yang saya sebutkan di atas, jadi manfaatkanlah waktu berlibur anda di jogja dengan baik. Sedikit saran dan trik untuk berwisata di yogyakarta, jika ingin pergi ke tempat wisata pilih tempat wisata yang jalurnya satu arah supaya waktu tak terbuang sia-sia, misalkan hari pertama menjelajah gunung kidul, hari kedua di kulon progo dan hari ketiga di kota. Tempat wisata yang telah saya sebutkan hanya sebagian tempat di jogja yang pernah saya datangi, masih banyak tempat di jogja yang bagus untuk didatangi. Semoga jogja selalu menjadi kota yang ramah untuk traveler.

Untuk melihat artikel traveling lainnya silahkan mengunjungi kategori yang lain pada blog ini.

kalian punya pengalaman menarik di jogja? monggo di share di kolom komentar...

“Dunia seluas kaki melangkah” - FooTravelers

Pendakian Gunung Salak "Perjalanan Extreme Berujung Indah"

pendakian gunung salak footravelers

Hallo Footravelers!
Setelah kemarin sempat membahas tentang estimasi waktu pendakian gunung Semeru , sekarang gue akan bercerita pengalaman gue tentang pendakian gunung salak dan informasi tentang estimasi waktu jalur pendakian gunung salak via cimelati.

Siapa sih yang ga tau gunung salak? Gunung yang pos pendakiannya berada di kabupaten Sukabumi ini sempat heboh beberapa tahun lalu karena kejadian pesawat shukoi yang jatuh di gunung ini dan banyak orang yang bilang kalau ini adalah salah satu gunung angker untuk didaki, terbukti dari beberapa orang yang gue ajak nanjak kesini menolak karna alasan tersebut. Ketinggian gunung salak yang hanya 2211 MDPL tidak membuatnya mudah untuk didaki, perlu perjuangan plus plus untuk mendaki gunung ini. mau tau bagaimana kondisi track gunung salak dan estimasi waktu pendakiannya? Ayo kita bahas!

Sebenernya udah lama pengen nanjak gunung ini karena gunung lokasinya ga jauh dari rumah gue, hanya sekitar 30 menit menuju pos pendakiannya. Pucuk dicinta ulampun tiba! Sekitar pertengahan tahun 2017 gue diajak nanjak ke gunung salak via cimelati sama kakak gw dan rombongan temen kantornya, tanpa perlu berfikir panjang gue langsung mengiyakan ajakannya, yang gue tau ada jalur pendakian lainnya yang juga banyak orang lewat situ, yaitu jalur pendakian salak via pasir reungit (javana spa) tapi ternyata gw diajak via cimelati karena katanya treknya ga separah jalur pasir reungit.

Waktu itu hari sabtu pukul 11:00 gw udah di pos pendakian salak via cimelati, ga pake lama berdoa dan langsung berangkat menuju pos 1, oiya disini gw jalan santai karena ya tau sendiri orang udah “berumur” jalannya ga cepet cepet bgt haha *map bang kalo lu baca artikel ini*. Pertama tama kita melalui jalur tembok sekitar 15 menit sebelum masuk hutan, setelah itu jalur tanah agak menanjak dan tak jauh ada pertigaan, jalan yang diambil adalah jalan sebelah kiri karena jalur ke kanan adalah jalur untuk ke Curug Citaman, tenang saja kalian ga akan bingung soalnya sudah ada petunjuk arahnya. Perjalanan dari pos pendakian ke pos 1 membutuhkan waktu sekitar 45 – 60 menit. Istirahat sembari menunggu adzan beres dan kami langsung melanjutkan perjalanan ke pos 2.

pendakian gunung salak footravelers

Trek dari pos 1 ke pos 2 di dominasi oleh jalan mendatar dan tidak begitu menanjak. Setelah berjalan sekitar 45 – 60 menit kami sampai di pos 2, disini tempatnya lapang bikin mager jalan lagi. Tapi kami tak begitu lama beristirahat karna perjalanan ke pos 3 hanya ditempuh dalam waktu 10 menit saja dengah kontur tanah agak menanjak dari sebelumnya.

Karena sudah agak lapar dan ternyata ini adalah pos air satu satunya di jalur pendakian salak via cimelati, maka kami masak dan solat terlebih dahulu disini sebelum melanjutkan perjalanan ke pos 4, karna katanya trek dari sini ke atas sudah gabisa nyantai lagi. Setelah 1 stengah jam kami istirahat dan makan di pos 3, kami melanjutkan perjalanan  menuju pos 4 dan tidak lupa mengisi cadangan air kami karna seperti yang sudah disebutkan bahwa ini adalah satu satunya pos air di jalur cimelati.

pendakian gunung salak footravelers
pos 3 tempat pengisian air terakhir
Setelah kira kira 20 meter berjalan, benar saja jika jalan yang akan kita lalui jadi lebih berat, treknya didominasi batu dan akar selain itu kontur jalannya juga lebih menanjak lagi, tak heran jika waktu yang dibutuhkan untuk sampai di pos 4 sekitar 1 stengah – 2 jam perjalanan. Nanjak gunung salak ini ujian, kamu tak akan kuat, biar aku saja haha (virus dilan) tapi ini ga bohong, makin ke atas ternyata treknya makin menggila terbukti dari pos 4 ke pos 5 sebenarnya jaraknya tak begitu jauh tapi karna jalan berbatu dan berakar, menjadikan waktu tempuhnya semakin lama sekitar 1 – 1 jam 20 menit untuk sampai ke pos 5. Di pos 5 kami beristirahat sambil memakan persediaan makanan yang kami bawa, waktu sudah menunjukan pukul 17:50 dan hari semakin gelap, oiya di perjalanan dari pos 4 – 5 kami berpapasan dengan beberapa orang bapak bapak-bapak yang turun dari puncak dan hanya membawa tas soren kecil saja, setelah kami tanya ternyata mereka nanjak ke puncak untuk ziarah kubur.

Setelah selesai makan, sekitar pukul 18:30 kami melanjutkan perjalanan ke pos 6, kaki sudah mulai enggan melangkah sebenarnya, karena sudah sekitar 7 stengah jam kami belum sampai puncak juga, mungkin ini rekor nanjak paling lama gue, biasanya nanjak paling lama 7 jam sudah sampai tempat camp. Waktu yang dibutuknan dari pos 5 – pos 6 sekitar 15 – 30 menit saja. Dari sini gue udah seneng banget, katanya ini pos terakhir sebelum puncak yang berarti puncak udah ga jauh lagi. Kita ga istirahat lama-lama disini karena udara malam bikin kami kedinginan kalo kelamaan istirahat.

Lanjut jalan, track masih didominasi akar dan tanah tapi batunya udah jarang tapi di sepanjang jalan ke puncak ini mulai turun kabut ditambah headlamp yang dibawa beberapa ada yang ga nyala. 30 menit jalan sambil sesekali istirahat  tapi kok ni puncak belum keliatan, padahal ngarep banget puncak ga jauh dari pos 6. Badan udah capek banget, kaki apalagi dari siang diporsir buat nanjak trek yang didominasi akar dan batu. Akihirnya setelah 70 menit berjalan dari pos 6 kami sampai di puncak, gue langsung tiduran beralaskan tanah dan tas untuk bersandar haha, saking capeknya dan kebetulan cuaca di puncak waktu itu sedang bersahabat, lihat ke atas langsung hamparan bintang-binang karna disini minim pencemaran cahaya, tapi lama lama dingin juga ternyata, gue langsung bongkar tas dan pake jaket, sebenernya kebiasaan sih kalo kemaleman nanjak biasanya gue ga pake jaket karena kalo jalan gabakal kerasa dingin dan akhirnya kedinginan sampe menggigil kalo udah istirahat di tempat tujuan. Disitu kami langsung bangun tenda dan memasak air hangat supaya kami tak kedinginan, ga lupa masak makanan karena kita udah laper banget dari siang Cuma makan mie di perjalanan.

pendakian gunung salak footravelers

Kalau lagi cerah salak debes bgt dah, bintang keliatan banget, sunrise jelas banget dengan silluete gunung gede dari kejauhan, kayanya sunset juga disini bakal keliatan sih tapi sayang gue ga liat karna kemaleman. Tapi kalau cuaca hujan jangan harap deh bisa gampang nanjak salak hehe.

pendakian gunung salak footravelers


Berikut ringkasan waktu yang dibutuhkan untuk pendakian gunung salak via cimelati

No Rute Waktu Tempuh
1 Gerbang Pendakian - Pos 1 45 menit - 1 jam
2 Pos 1 - Pos 2 40  menit - 50 menit
3 Pos 2 - Pos 3 10 menit
4 Pos 3 - Pos 4 1 jam 15 menit - 2 jam
5 Pos 4 - Pos 5 1 jam
6 Pos 5 - Pos 6 20 menit - 30 menit
7 Pos 6 - Puncak Manik 1 50 menit - 1 jam 15 menit

jam 10:00 pagi kita udah mulai jalan plang karna takut kesorean. Gue dan 1 orang dari rombongan jalan setengah lari dan ini result nya

No Rute Waktu Tempuh
1 Puncak Manik 1 - Pos 6 17 menit
2 Pos 6 - Pos 5 7  menit
3 Pos 5 - Pos 4 15 menit
4 Pos 4 - Pos 3 28 menit
5 Pos 3 - Pos 2 3 menit
6 Pos 2 - Pos 1 10 menit
7 Pos 1 - Gerbang Pendakian 20 menit

Jam 3 gue udah nyampe gerbang pendakian, kok lama ya? Iya lama nunggu yang dibelakang soalnya dan lama istirahatnya.

Nah itu cerita gue pas nanjak salak, kalau ada yang mau nambahin cerita, monggo di komen yaa. semoga artikelnya bermanfaat.

"Dunia Seluas Langkah Kaki" - Footravelers

Mencari Mie Aceh Enak di Kota Medan

Hallo Footravelers!
Kemarin saya sudah menulis tentang wisata kuliner di kota medan dan sekarang masih di kota medan tapi kita akan membahas lebih pada perbandingan mie aceh yang paling enak di kota medan.

Mie aceh, mie kuning legendaris dengan irisan bawang merah dan tambahan emping ini yang banyak membuat orang ketagihan mencobanya termasuk saya, bisa dibilang saya suka sekali sama mie ini dan setiap kali lihat tempat mie aceh baru saya selalu mampir untuk membandingkan rasanya. Saya tidak tahu bagaimana sejarah mie aceh tercipta, tapi menurut saya ini adalah hidangan mie yang sangat istimewa sekali. Oiya biasanya kalau pesan mie aceh ditanya dulu mau kuah apa goreng, saya lebih suka mie aceh kuah karena kuah mie aceh itu biasanya beda dengan mie mie yang lain.

Kali ini masih dari kota medan yang dekat dekat dengan aceh, saya iseng mencari referensi mie aceh enak di medan dan yap, terpilihlah 2 rumah makan mie aceh yang ulasan pelanggannya positif yaitu Mie Aceh Titi Bobrok dan Mie Aceh Baru yang Keduanya terletak di jalan setia budi kota medan.
Saya mencoba satu-satu mie aceh ini untuk membandingkan rasanya dan untuk mencari jawara mie aceh di kota medan. Langsung saja kita ulas

Mie Aceh Titi Bobrok

footravelers mie aceh titi bobrok

Tempat makan mie aceh titi bobrok ini berada di jalan setia budi no 17D kota medan tepat disamping jembatan, ketika saya mengunjungi tempat ini dimalam hari, betapa kagetnya saya melihat parkiran disekitar tempat makan ini penuh sekali. Masuk ke dalam tempat makan ternyata disini ada 2 tingkat, saya memilih ke atas saja karena dibawah penuh sekali, di ataspun tidak beda dengan lantai bawah, penuh tapi saya masih ada kursi yang tersisa. Saya memesan mie aceh kepiting komplit seharga IDR 45.000 topingnya antara lain 1 kepiting lumayan besar, cumi, udang dan daging. Uwaaaaa saya sampai begah duluan ketika mie acehnya datang, seperti makan seafood pakai mie, bukan mie aceh pakai seafood haha. Karena banyak yang memesan jadi makanan tersaji agak lama sekitar 25 menit, tapi setelah mencoba, rasa mie aceh ini bikin waktu menunggu saya tidak sia sia, the best mie aceh yang pernah saya makan! Saking topingnya banyak, setelah mie nya habis topingnya masih sisa. Dan yang saya soroti disini yaitu kuahnya yang kental dengan bumbu yang pas membuat ciri khas mie aceh ini tidak hilang, jika ada yang tahu cara membuat mie aceh dan resep membuat mie aceh enak seperti ini monggo dishare ke saya haha. Dengan harga segini dan dengan rasa yang luar biasa menurut saya ini worth it banget dan membuat tempat makan ini wajib banget untuk dikunjungi jika kalian berkesempatan ke kota medan.

Mie aceh baru

footravelers mie aceh baru

Jika tadi kita sudah membahas mie aceh titi bobrok, sekarang ada tempat makan mie aceh yang tidak jauh dari mie aceh titi bobrok karena masih satu jalan di jalan setia budi yaitu Mie Aceh Baru, apanya yang baru? Ya emang namanya mie aceh baru.
Ketika saya datang, tempat makan ini relatif ramai tapi tidak seramai mie aceh titi bobrok, tempat makannya luas dan pelayanannya pun tidak beda dengan titi bobrok, biar adil saya memesan menu yang sama seperti sebelumnya, mie aceh kepiting komplit kuah seharga IDR 45.000 , setelah menunggu sekitar 20 menit, mie aceh siap disantap. Terlihat mirip dengan mie aceh titi bobrok, tapi minusnya adalah disini dengan harga yang sama hanya dapet kepiting, sedikit cumi dan udang, kepitingnya juga tidak terlalu besar (masih kalah dengan mie aceh sebelah), tapi jika dilihat dari rasa kuahnya mungkin masih sama seperti mie aceh sebelumnya.

Untuk kesimpulan, menurut saya mie aceh titi bobrok lebih recommended soal masalah rasa dan harga, tapi jangan terlalu berharap dengan ulasan saja, karna makanan adalah soal selera, beda orang beda selera.

cukup sekian ulasan dari saya, setelah ini mungkin saya akan menulis juga tentang makanan khas medan yang layak dijadinak oleh oleh.
Terimakasi sudah menyimak artikel dari kami, nantikan artikel yang lebih bermanfaat lainnya

Dunia seluas langkah kaki -FooTravelers

Wisata Kuliner Kota Medan

Hallo Footravelers!
tempo hari saya menulis tentang Umbul Sidomukti wisata kolam renang yang berada di kota semarang, wisata gunung semeru di Lumajang Jawa Timur ayo kita berpindah ke kota lain!

Medan Sumatera Utara, jika dilihat dari wisata alam mungkin tidak banyak tempat yang bisa dikunjungi disini, bukannya tidak ada tapi adapun lokasinya cukup jauh dari pusat kota medan.

Beberapa minggu lalu saya berkunjung ke kota Medan dalam acara kunjungan kerja selama beberapa hari, waktu yang terbatas membuat saya tidak bisa berwisata ke tempat wisata alam yang ada di medan, karena sebagaimana telah disinggung diatas, tempat wisata alam disini lumayan jauh dari pusat kota, karna itulah saya memutuskan untuk mengubah orientasi saya dari yang tadinya wisata alam menjadi wisata kuliner.

Ya! Wisata kuliner Medan! Hobi baru saya ketika berkunjung keluar kota. Mencoba makanan baru yang jarang sekali didapatkan di Jakarta.

Setelah saya tanya-tanya kepada orang lokal disana ternyata banyak sekali tempat wisata kuliner di medan, saya sampai bingung mau mencoba yang mana dulu saking banyaknya makanan khas medan dan rumah makan / resto enak di medan dari mulai kuliner halal sampai kuliner non halal pun ada disini.

Langsung saja saya akan membahas beberapa tempat wisata kuliner enak di kota medan.

Durian Ucok

footravelers kuliner kota medan


Jangan bilang kalian ke medan jika tidak mencoba buah berduri yang satu ini. Meski durian adalah buah musiman, tetapi di durian ucok, durian tersedia sepanjang tahun dan takkan ada habisnya! Jika kalian penggemar buah durian, maka tempat ini wajib dikunjungi jika kalian pergi ke medan, lokasi durian ucok medan yang paling ramai pengunjung ada di jalan wahid hasyim kota medan.

Lokasi :
Jalan wahid hasyim
Buka pagi hingga malam

Sate Padang Takana Juo

footravelers kuliner kota medan

“Kok sate padang? Inikan di medan!” mungkin akan banyak pembaca yang bertanya seperti itu, tapi saya jamin di medan ada banyak sate padang yang enak, salah satunya sate padang yang saya kunjungi di sekitaran jalan S.Parman kota medan, rasa sate nya tidak seperti kebanyakan sate padang di Jakarta, beda banget rasa sate nya apalagi kuah kentalnya yang penuh sampai ke bagian atas piring pokoknya nagih banget.

Lokasi :
Perempatan S.Parman
Harga IDR 20.000
Buka pukul 17:00 sampai habis ( 21:00 )

Mie Aceh

footravelers kuliner kota medan

Lagi lagi makanan luar kota medan! Eits jangan salah, jika kalian hanya ke medan dan tidak mampir ke aceh tetapi ingin mie aceh, di medan ada tempat makan mie aceh yang super duper juara enaknya. Namanya “mie aceh baru” dan “mie aceh titi bobrok”. Dari mie aceh original sampai dengan mie aceh dengan toping yang beragam seperti daging dan seafood kalian akan merasakan new level of mie aceh di kedua warung ini. Ini adalah tempat makan wajib jika berkunjung ke medan. Ulasan Mie aceh baru dan mie aceh titi bobrok akan saya ulas pada artikel berjudul “Mencari Mie aceh juara di Kota Medan”.

Mie aceh Baru
jalan setia budi No 48

Mie aceh Titi Bobrok
Jalan setia budi No 17D

Harga IDR 18.000 – 45.000
Keduanya buka dari siang hari sampai malam pukul 22:00

Soto Sinar Pagi

footravelers kuliner kota medan

Soto, makanan yang sudah tidak asing diteling orang Indonesia karena setiap daerah pasti mempunyai soto terenak versi daerahnya masing-masing. Ada soto lamongan, soto mie bogor dan masih banyak lagi soto andalan Indonesia. Kali ini di medan ternyata memiliki soto jagoannya yaitu Soto Sinar Pagi yang lokasinya terletak di pertigaan jalan sei deli kota medan. Seperti kebanyakan warung soto, disini menyediakan berbangai macam soto daging maupun kulit, harga soto sinar pagi pun terjangkau mulai dari belasan ribu rupiah saja. Tapi jika anda ingin merasakan keenakan soto yang satu ini datanglah pada pagi atau siang hari, karena menjelang sore (pukul 14:00) biasanya warung soto ini sudah tutup karena sotonya sudah habis terjual.

Lokasi :
Jl. Sei Deli
Harga IDR 20.000
Buka mulai Pagi hingga pukul 14:00

Lontong Kak Lin

footravelers kuliner kota medan

Lontong kak lin ini terletak tepat disebrang SMAN 1 Medan, awalnya saya sempat underestimate pada tempat makan ini, saya pikir dimana mana lontong sama saja tidak ada bedanya, tempatnya juga sepi (karena saya datang pada pukul stengah 2), dengar dengar disini ramai pada pukul 10-12 pagi dan benar saja ketika saya memesan ternyata menu andalannya yaitu lontong sayur sudah habis, jadi saya memesan lontong pecal saja, tapi ternyata lontong pecal nya pun tidak kalah enak dari lontong sayur. Recommended banget untuk kalian yang ingin makan lontong di siang hari.

Lokasi :
Tepat Didepan SMAN 1 kota Medan
Harga IDR 20.000
Buka Mulai Pagi hari hingga pukul 14:00

Bihun Bebek Asie

footravelers kuliner kota medan
source
Kuliner legendaris medan yang 1 ini adalah tempat wajib berikutnya bagi kalian yang mengunjungi kota medan. Perpaduan rempah, daging bebek, bihun dan yang the best dari bihun bebek ini adalah kaldu bebeknya membuat makanan ini layak untuk dicoba jika kalian berkunjung ke kota yang satu ini. Ada beberapa tempat bihun bebek dengan nama yang berbeda pula tapi masalah rasa, menurut orang orang medan yang terbaik adalah bihun bebek asie yang terletak di sekitar lapangan merdeka kota medan.

Lokasi :
Jalan Kumango (tepat dibelakang kantor Analisa)
Harga IDR 60 - 100

Itulah makanan khas & juara kota medan di kelasnya masing-masing, jadi untuk kalian yang berniat mengunjungi kota medan, tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan makanan ini. semoga bermanfaat untuk referensi kalian semua. Sampai jumpa pada artikel kuliner selanjutnya yang membahas tentang pencarian mie aceh enak di kota medan.

"Dunia seluas langkah kaki" -Footravelers

Umbul Sidomukti Destinasi Wisata Menarik di Kota Semarang

Hallo Footravelers!!!

Setelah kemarin kami posting artikel tentang Estimasi Waktu Pendakian Gunung Semeru, artikel kali ini kita akan turun gunung! tepatnya membahas wisata alam yang ada di kaki gunung, jadi mari kita langsung menuju inti bahasannya.

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan ? apalagi kalau main air sambil ngafe-ngafe cantik dengan view yang bagus banget dan instagramable tentunya.

Footravelers Umbul Sido Mukti

Moment-moment liburan seperti ini akan terasa sangat spesial apabila menghabiskankannya dengan orang-orang tersayang pula. Mencari referensi-referensi tempat wisata juga akan menjadi agenda wajib sebelum berekreasi bukan ? Kali ini, saya akan memberikan referensi tempat wisata yang menarik sekali. Especially buat kalian yang berkesemptan berlibur ke kota Semarang Jawa Tengah.
Umbul Sido Mukti! Ya! Mungkin bagi para traveller, nama Umbul Sido Mukti sudah tidak terdengar asing lagi. Dimana lokasi umbul sidomukti ini terletak di daerah desa sidomukti semarang dan berada di dataran tinggi Bandungan. Saat tiba di lokasi, kalian akan langsung disambut dengan udara sejuk lereng gunung Ungaran karena memang tempatnya berada di pegunungan yah :D

Mengapa saya ingin sekali mengulas tempat ini ? karena menurut saya tempat ini tidak hanya instagramable, tetapi tiket masuk umbul sidomukti ini juga masih tergolong murah meriah lho. Untuk harga tiket masuk Umbul Sidomukti, kalian cukup membayar seharga 10.000/orang dan kalian sudah bisa menikmati arena kolam renang alami yang ada disini, dengan view pegunungan dan persawahan. Engga kalah kok sama view yang di Bali hehe.. Tidak hanya itu Umbul Sidomukti Semarang ini juga mempunyai berbagai fasilitas lainnya. Mau tau apa aja ? oke, akan saya bahas di bawah ini yah

Umbul sidomukti ini juga mempunyai beragam fasilitas wisata alam seperti, kolam renang, café, camping ground, dan area outbound. Tidak hanya itu, anak-anak pun bisa menaiki kuda untuk sekedar berkeliling-keliling umbul tersebut dengan membayar 50.000/30 menit. Sebelum membahas lebih lanjut, saya akan memberikan informasi harga tiket masuk secara detail.

Footravelers Umbul Sido Mukti


Apabila kalian hanya ingin berenang dan menikmati pemandangan dari café, kalian cukup membayar 10.000/orang seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Namun, apabila kalian ingin merasakan wahana ekstrim seperti flying fox kalian akan dikenakan tarif sekitar 12.000 (masih relative murah kok yah). Selain itu, di tempat ini juga terdapat wahana berupa marine bridge dan rapelling dengan cukup membayar 6.000-7.000 rupiah saja. Masih belum puas dengan wahana yang saya sebutkan tadi ? tenang saja, di tempat ini juga ada penyewaan ATV yang dapat kalian mainkan di area outbound dan harga sewanya juga tidak terlalu mahal hanya berkisar 15.000-20.000 rupiah saja. Dan jika kalian ingin tahu lebih banyak tentang tempat wisata ini, silahkan mengunjungi websitenya, disana tersedia paket wisata umbul sidomukti untuk keperluan keperluan tertentu.

Footravelers Umbul Sido Mukti


Setelah saya membahas rinci mengenai harga, saya akan memberi tahu tata letak umbul sidomukti ini. Saat kalian pertama masuk di area ini, kalian akan melewati jalan setapak bebatuan yang sedikit menurun. Tidak jauh dari tempat loket, hanya berkisar 100 meter kalian akan mendapati camping ground dan outbound area disisi kiri. Setelah itu, dengan berjalan kembali tidak kurang dari dua menit kalian akan menyaksikan empat kolam renang alami yang bertingkat-tingkat. Kolam renang ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda dan airnya pun berasal dari sumber mata air, alami sekali bukan ? Sedangkan tepat di posisi atas kolam renang terdapat sebuah café yang bernuansa putih bak di Bali. Di sebelah kanan kolam renang, terdapat beberapa gazebo yang diperuntukkan untuk para wisatawan bersantai sembari menunggu putra putrinya berenang. Untuk kalian yang hobi berfoto, jangan khawatir karena di sisi bawah kolaam renang terdapat lahan yang cukup luas dengan pemandangan sawah di sebelah kiri dan lurus mata memandang kalian dapat melihat pemukiman warga serta pegunungan-pegunungan.

Untuk tambahan informasi, bagi para wisatan yang ingin berpergian ke umbul sidomukti ini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Dikarenakan posisi jalan menuju Umbul Sidomukti terus menanjak dan sempitnya jalan  mengakibatkan kendaraan besar seperti bus pariwisata tidak bisa masuk. Dan bagi pengendara pemula, diharapkan untuk tidak menyetir sendiri di jalanan ini karena jalan yang berliku-liku.

Sepertinya hanya itu yang bisa diulas dari hasil rekreasi saya tempo hari di kawasan wisata umbul sidomukti ini. Semoga bisa menjadi referensi tempat wisata bagi para pelancong yang ingin berkunjung ke kota Semarang. Menurut saya umbul sidomukti ini recommended sekali. Sampai jumpa diartikel selanjutnya yang akan membahas wisata kuliner kota medan

"Dunia Seluas Langkah Kaki" -Footravelers 

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Semeru

Hello footravellers..
I have a lot of moments that I wanna write down here.. it’s so recomended for you all that want to go to semeru.. read carefully okey :D

footravelers estimasi waktu pendakian semeru


Gunung semeru adalah gunung tertinggi dipulau jawa, dengan puncak mahameru yang ketinggiannya sampai 3676 MDPL menjadikan semeru sebagai destinasi pendakian yang menantang untuk pendaki lokal maupun internasional. Pendakian gunung semeru ini bisa dibilang susah susah gampang, tergantung sampai mana tujuannya, sampai ranukumbolo, kalimati atau bahkan sampai puncak mahameru? Maka dari itu pendakian gunung semeru ini butuh persiapan mulai dari biaya pendakian gunung semeru (estimasi biaya), jarak tempuh, kondisi jalur/rute pendakian, sampai estimasi waktu pendakian gunung semeru juga harus diperhatikan. Banyak juga yang bertanya bagaimana mendaki mahameru untuk pemula? Ya asal didampingi oleh yang sudah berpengalaman ya tidak apa apa. Disini gue bakal cerita pengaalaman gue mendaki gunung semeru dan estimasi waktu pendakiannya. oke .. let’s begin our story

Liburan semester ini, bener-bener liburan panjang, hampir 3 bulan lamanya. So, kalo cuma ngutek-ngutek di rumah itu pasti bosen banget kan, alhasil gue buat jadwal sendiri buat ngetrip. Temanya dalam rangka 17 Agustusan, ada teman anak lumajang yang nawarin buat muncak ke semeru dan upacara disana. So excited, kalo udah di ajak muncak gitu rasanya sayang sekali buat di lewatkan yah guys :D. Tanpa berpikir panjang gue langsung nentuin jadwal terbang ke Malang, tempat rantauan gue yaitu pas di tanggal 12 Agustus. 

Trip kali ini bener-bener mendadak banget, soalnya waktu gue baru menginjakan kaki di tanah Malang, gue sakit. Cuaca malang seakan nyerbu gue, udah kaya game COC pas lagi “war”. Semua rasanya beda, deman pilek-pilek meler gitu kan ga enak banget. Karena sakit itu akhirnya gue ga pasti mau ikut pendakian kali ini apa engga, soalnya syarat utama saat ingin melakukan pendakian adalah Fit alias sehat jasmani dan rohani. Next, sampailah di tanggal 15 Agustus dan gue harus ngasih kepastian untuk tetep ikut pendakian atau engga. Akan tetapi, pendakian ke semeru kali ini bakalan cuma sampai Ranukumbolo aja karena banyak kemungkinan yang engga bisa kita tebak kalo sampai ke summit eits jangan kawatir, gue tetep tulisin estimasi waktu dari ranukumbolo ke puncak mahameru juga kok. Untungnya, tanggal 16-nya badan gue udah lumayan sehat jadi gue putusin untuk ikut serta pendakian ke semeru. Ga nyangka aja trip yang gue sama Aan (temen gue asal Lumajang) rencanain bakal banyak yang ngikut. Team kita untuk pendakian kali ini ada 14 orang, baru kali ini gue mendaki gunung sama orang selusin lebih. But, I’m so happy akhirnya bisa di pertemukan sama temen-temen baru.

Tepat di tanggal 17 Agustus 2016, pukul 08.00 pagi kita berangkat dari malang menuju tumpang menggunakan motor kesayangan kita masing-masing, dan sampai Ranupani sekitar jam 12.30 untuk langsung parkir motor dan ngelanjutin perjalanan dengan jalan kaki ke tempat perizinan dan pembelian tiket. Perjalanan dari parkiran Ranupani sampai loket itu cuma butuh waktu 5 menit. Akhirnya, sampailah team gue di tempat loket dan persyaratan yang harus di lakukan oleh para pendaki sebelum mendaki ke semeru adalah mengikuti briefing yang diadakan oleh team saver semeru.

footravelers estimasi waktu pendakian semeru

Team gue mengikuti briefing sekitar jam 2 siang dan selesai briefing itu sekitar jam 3 sore. Dalam ruangan briefing itu, kita diberitahu detail mengenai situasi semeru dan sekitarnya. Dari mulai hewan apa saja yang masih ada di gunung semeru, jalur mana saja yang boleh di lalui, apa saja yang engga boleh dilakukan para pendaki selama dalam perjalan, kejadian apa aja yang pernah ada di semeru. Pokoknya tuh briefing banyak banget ngasih para pendaki informasi mengenai lokasi gunung semeru deh. Meskipun briefingnya memakan waktu yang cukup lama, tapi yakinlah kalian bakalan beruntung udah dengerin briefingan itu. Lanjut lagi, habis team gue mengikuti briefing kita pergi ke tempat loket untuk ngasih persyaratan wajib yaitu surat keterangan sehat dari dokter. Dalam briefingan tadi, para saver itu memberi tau para pendaki bahwasanya surat keterangan sehat tidak boleh berupa scan dan harus asli, sedangkan punya team gue itu berupa scan. As a result, team gue di tahan selama 30 menitan gara gara suratnya itu ga asli, dan kita harus mengisi surat perjanjian di atas materai untuk engga melakukan hal itu lagi. *bagi para pendaki yang mau pergi ke semeru, harap bawa surat keterangan dokternya yang asli ya gengs, soalnya kalo ga gitu nama team kalian akan masuk ke dalam blacklist nama-nama pendaki yang dilarang mendaki ke semeru*.

Akhirnya, sekitar jam 4 sore team gue baru bisa melakukan pendakian. Bagi pendaki pemula, menurut gue kalian sebelum ke semeru setidaknya harus olahraga sekitar seminggu sebelum pendakian. Meskipun trekking semeru ga terlalu susah, tapi tetep aja harus butuh latihan fisik sebelumnya. Perjalanan dari gerbang “selamat datang para pendaki semeru” sampai ke pos 1 itu lumayan jauh dan butuh waktu agak lama, sekitar 2 jam berjalan. Jangan khawatir, ternyata di gunung semeru itu di setiap posnya ada warung, jadi bagi pendaki yang ga mau kehabisan logistik tapi udah kelaperan di jalan.. kalian bisa beli jajanan di setiap pos. Tapi jangan kaget kalo harganya bisa 2x lipat dari harga jajanan di rumah, contohnya gorengan. Biasanya kalo di rumah itu harga gorengan Cuma sekitaran 1000 dan kalo disana jaadi 2500/gorengan. Well, persiapkan materi kalian juga ya gengs kalo mau ke semeru. Dari pos 1 ke pos 2 estimasi waktunya adalah sekitar 1 jam dan keadaannya udah mulai menjelang malam sekitar jam 6 sore.

footravelers estimasi waktu pendakian semeru
pemandangan dari jalur pendakian semeru
Trekking dari pos 1 ke pos 2 masih tetep enak, jalurnya melandai dan terkadang ada naik turunnya tapi ga begitu ekstrim. Lanjut dari pos 2 ke pos 3 trekking masih tetep sama, cuma aja ada salah satu trek yang jalurnya sempit banget karena tanahnya itu longsor dan kalo kita ngeliat bawah itu udah jurang yang curam. Jadi kita para pendaki harus berpegangan ke sebuah tali dan jalan bergantian satu persatu dengan ekstra hati-hati. Perkiraan waktu yang di tempuh dari pos 2 ke pos 3 sekitar 1 jam perjalanan dan saat itu hari udah mulai malem. Perjalanan malam atau trekking di malam hari itu lebih memakan banyak waktu ya menurut gue, soalnya kenapa ? karena oksigen yang ada di sekitar kita itu sudah mulai berkurang dan alhasil para pendaki yang melakukan trekking malam akan lebih sering beristirahat karena kurangnya daya serap oksigen yang tubuh kita perlukan. Waktu trekking malam Alhamdulillah banget team gue ga perlu banyak-banyak make senter dan head lamp, soalnya sang rembulan pas banget lagi terang-terangnya dan menunjukkan kita ke jalan yang benar *hahaa, udah kaya ceramah aja gue yak :p*.

The last our trekking is.. dari pos 4 menuju ranukumbolo. Estimasi waktu Cuma butuh waktu sekitar 15 menitan, tapi jalurnya menurun banget dan licin. Menurut gue meskipun trekkingnya menurun tapi engga begitu ekstrim, ga kaya trekking-nya dari pos bayangan ke puncak penanggungan kok :D (mungkin bagi kalian yang sudah pernah mendaki gunung penanggungan dan semeru pasti tau perbedaannya)

Tibalah kita di ranukumbolo pukul 20.00, engga terasa perjalanan kita dari ranupani sampai ranukumbolo itu memakan waktu 5 jam, umum lah kalo segitu. But, suhu malam itu bener-bener dingin sekali.. kata orang-orang sekitar sih kira-kira -2˚ Celcius. Setelah sampe di ranukumbolo, tanpa buang-buang waktu kita segera nyari tempat yang tepat buat mendirikan tiga tenda. Dalam keadaan tangan dan badan yang menggigil kedinginan kita harus cepet-cepet masang tenda dan masak untuk mengahangatkan diri dan mengisi perut yang udah keroncongan engga karuan.

Langsung aja cerita pagi hari waktu di ranukumbolo yah..

Entah kenapa waktu ngeliat sunrise di ranukumbolo itu bagaikan danau yang lagi di taburin butiran emas, so beautiful.. and I can’t explain how beautiful that moment.. pokoknya kalo udah sampe ranukumbolo semua kesel dan capeknya bakalan hilang seketika

footravelers estimasi waktu pendakian semeru

footravelers estimasi waktu pendakian semeru

footravelers estimasi waktu pendakian semeru


Berikut setimasi waktu pendakian gunung semeru yang telah kami rangkum dari ranu pani sampai puncak. Kok sampai puncak padahal di ceritanya Cuma sampai ranukumbolo? Karena sebelumnya gue pernah ke puncak juga hehe.

No Rute Waktu Tempuh
1 Ranu Pani - Pos 1 1 jam - 1jam 30 menit
2 Pos 1 - Pos 2 30  menit - 1 jam
3 Pos 2 - Pos 3 1 jam - 1 jam 45 menit
4 Pos 3 - Pos 4 45 menit
5 Pos 4 - Ranu Kumbolo 15 menit
6 Ranu Kumbolo - oro oro ombo 30 menit
7 oro oro ombo - cemoro kandang 30 menit
8 Cemoro kandang - Jambangan 1 jam - 1 jam 30 menit
9 Jambangan - Kali Mati 15 menit - 30 menit
10 Kali Mati - Arcopodo 1 jam 30 menit
11 Arcopodo - Puncak Mahameru 4 jam 30 menit - 5 jam 30 menit
So, kalian kapan mau ke ranukumbolo guys atau mungkan ada yang mau ke puncak semeru? Tapi kalo kesini jangan lupa juga yah buat “bawa kembali sampahmu pulang” karna kalo kalian buang sampah sembarang apalagi pas di gunung itu namanya “GA KEREN” :) 

Semoga artikelnya bermanfaat bagi kalian yang akan mendaki gunung semeru untuk artikel estimasi biaya pendakian semeru silahkan visit web partner kami simak juga estimasi biaya pendakian gunung merbabu. Ingat, tujuan utamanya bukanlah puncak tapi rumah, jadi jangan memaksakan kalau kondisi tidak memungkinkan. Terimakasih telah membaca.

"Dunia seluas langkah kaki" - @footravelers

Curug Citaman kecamatan Cicurug Sukabumi

Curug Citaman kecamatan Cicurug Sukabumi


Halo teman-teman pembaca, ini adalah artikel ke 4 di blog footravelers! Setelah sebelumnya kami menulis tentang Persiapan Traveling dimusim Hujan dan Estimasi Biaya Pendakian Gunung Merbabu 2017 Via Suwanting ,kali ini kita akan  menulis tentang salah satu curug/air terjun yang ada di sekitar kecamatan cicurug kabupaten sukabumi. Cicurug adalah salah satu kecamatan yang ada di kabupaten sukabumi dan tempatnya juga tidak jauh dari perbatasan sukabumi-bogor. Curug/air terjun yang kita datangi adalah curug citaman yang tepatnya berada di kampung cigadog cimalati kecamatan cicurug.

Curug yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dikala hari libur. Kami menyarankan jika anda berencana untuk mengunjungi tempat ini, datanglah pada hari biasa dan pilih hari dengan cuaca yang cerah, kalau bisa sehabis hujan pada malam hari sebelumnya karena air akan mengalir lebih deras pada pagi harinya. Wisatawan yang berkunjung kesini kebanyakan dari warga lokal karena belum banyak yang tahu curug ini (termasuk kami yang baru pertama datang kesini), tapi tidak jarang wisatawan dari jakarta & bogor datang ke sini juga.

Jika pada kebanyakan curug/air terjun punya arus yang kencang, di curug yang mempunyai ketinggian 9 meter dan kedalaman 2-3 meter ini arusnya relatif tenang dan  bisa renang kesana kesini, bisa juga lompat dari ketinggian 3-5 meter.

Untuk dapat sampai ke curug ini, jika anda dari arah bogor tepatnya dari statsiun bogor anda cukup naik angkot 02 atau 10 sampai PDAM sukasari seharga Rp.3500 dari sukasari naik angkot jurusan cicurug dan turun di gang ojek cimalati dengan ongkos 10.000 bilang saja ke abang angkotnya turun di gang ojek cimalati, dari gang dilanjutkan naik ojek ke taman murbey dengan ongkos Rp.15000-20000.
Jika anda dari arah sukabumi, naik colmini atau angkot sampai ke cicurug gang ojek cimalati dan dilanjutkan dengan ojek seperti sebelumnya.
Jika anda bawa motor sendiri, cukup membawa motor ke gang cimalati dan perjalanan ke taman murbey hanya cukup berjalan lurus saja (ada beberaapa kali pertigaan tidak usah belok, lurus saja) dari gang cimalati sampai nanti mentok di gerbang pendakian gunung salak.
Tidak ada tiket masuk untuk ke tempat wisata ini, tapi jika anda membawa motor hanya membayar biaya parkir motor seharga Rp. 5000 saja.


Curug Citaman kecamatan Cicurug Sukabumi
Pintu Gerbang Pos Pendakian


Perjalanan dari pos pendakian murbey dilanjutkan dengan berjalan kaki, anda bisa menanyakan jalan kepada satpam atau warga yang ada di sekitar situ. Pertama-tama kita masih menusuri jalan tembok dan ketika jalan tembok habis dilanjutkan dengan jalan tanah, jika anda berkunjung kesini disarankan untuk memakai sandal gunung atau sepatu karena jalan yang dilalui kebanyakan tanah. Saat anda berjalan di jalanan tanah, anda akan menemukan dua kali jalan bercabang, pilihlah jalur kanan di kedua jalan bercabang tersebut, jika jalannya sudah mulai menurun maka anda sudah hampir sampai ke lokasi. Jalan kaki dari pos pendakian murbey sampai ke lokasi memakan waktu sekitar 30 menit saja.


Curug Citaman kecamatan Cicurug Sukabumi

Curug Citaman kecamatan Cicurug Sukabumi


Sampai di tujuan saya kaget ternyata tempatnya ramai, waktu itu bertepatan dengan libur sekolah setelah lebaran. 
Tapi secara keseluruhan curug ini layak di datangi karena sangat menyenangkan untuk bermain air disini, airnya pun jika sepi pengunjung sangat bening bahkan nyaris terlihat sampai dasar kolam, hanya saja pada gambar di atas terlihat bersih namun tak sebening biasanya, selain itu kita tidak harus jauh jauh berjalan karena hanya sekitar 30 menit jalan santai pun anda bisa mengakses tempat ini.

Okay mungkin hanya itu saja informasi yang bisa kami berikan. kami menulis tentang curug cikaracak dan akses menuju curug cikaracak juga di artikel berjudul Curug Cikaracak Curug Indah Di tepian Kabupaten Bogor

Silahkan share artikel ini jika artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa follow akun instagram kami @footravelers.id

"Dunia seluas langkah kaki" - FooTravelers

Persiapan Traveling dimusim Hujan

Persiapan Traveling dimusim Hujan


Yap! setelah seminggu, akhirnya kami menerbitkan artikel kembali setelah sebelumnya menerbitkan artikel yang berjudul Estimasi Biaya Pendakian Gunung Merbabu 2017 Via Suwanting. Langsung saja kita bahas artikel yang berjudul Persiapan Traveling dimusim Hujan ini!

Travelling adalah kegiatan yang memerlukan banyak persiapan baik dari persiapan fisik, mental, materi dan tentunya persiapan waktu. Masalah persiapan ini saling ketergantungan, jika salahsatu persiapannya tidak terpenuhi atu kurang maka akan menghambat kegiatan travelling anda. Dari persiapan waktu, anda harus menentukan berapa lama dan tanggal berapa anda akan travelling. Perhatikan juga pada musim apa anda pergi travelling karena ini akan berpengaruh pada persiapan yang lainnya. Terus bagaimana jika anda akan pergi travelling pada musim hujan? Ayo kita bahas persiapan yang harus dilakukan.


  1. Persiapan fisik dan mental

    Mengapa fisik dan mental harus disiapkan saat sebelum travelling? Karena jika fisik anda lemah dan jatuh sakit pada saat travelling maka kegiatan yang harusnya menyenangkan akan berubah menjadi tidak menyenangkan karena sakit, apalagi jika sampai dirawat di rumah sakit, bukan hanya tidak menyenangkan, anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk urusan ini. Apalagi jika anda pergi saat musim hujan, fisik adalah persiapan utama yang harus anda perhatikan.

  2. Materi

    Dari segi materi mungkin anda juga harus menyiapkan uang tambahan, pasalnya untuk berjaga-jaga jika hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti baju basah semua dan mengharuskan anda untuk membeli baju baru dan sebagainya.
  3. Barang barang yang harus dibawa

    Barang barang penting yang harus dibawa saat anda pergi traveling di musim hujan antara lain:
  • Jas hujan dan Payung
    Ini adalah barang utama yang harus anda bawa saat akan pergi traveling pada musim hujan, pilih payung jika anda pergi ke tempat tempat wisata kota dan pilih jas hujan ketika anda berwisata alam.
  • Sepatu Waterproof
    Sepatu waterproof berguna untuk menjaga kaki agar selalu kering karena sepatu yang basah akan membuat anda merasa tidak nyaman.
  • Pakaian Lebih
    Ini dilakukan untuk antisipasi jika anda harus berganti pakaian saat pakaian anda basah, tetapi jika anda pilih untuk melaundry pakaian  saat anda travelling, anda tidak usah membawa pakaian lebih
  • Jaket / Sweater
    Jaket/sweater akan membuat anda lebih hangat ketika cuaca hujan
  • Cairan Penghangat Tubuh
    Sekarang banyak produk penghangat tubuh yang beredar, tinggal pilih yang cocok untuk anda.
  • Obat-ovatan Pribadi
    Bagi anda yang punya penyakit pribadi dalam artian bukan penyakit yang banyak menyerang orang lain, bawalah obat-obatan pribadi yang akan selalu ada ketika dibutuhkan.
Dan yang terakhir adalah doa, karena dimanapun kita berada kita selalu butuh perlindungan tuhan. Demikian artikel yang bisa kami tulis, semoga membantu kalian yang ingin tetap traveling meskipun cuaca sedang hujan. 

Silahkan share artikel ini jika artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa follow akun instagram kami @footravelers.id

"Dunia seluas langkah kaki" - FooTravelers