Pendakian Gunung Salak "Perjalanan Extreme Berujung Indah"

Hallo Footravelers!
Setelah kemarin sempat membahas tentang estimasi waktu pendakian gunung Semeru , sekarang gue akan bercerita pengalaman gue tentang pendakian gunung salak dan informasi tentang estimasi waktu jalur pendakian gunung salak via cimelati.

Siapa sih yang ga tau gunung salak? Gunung yang pos pendakiannya berada di kabupaten Sukabumi ini sempat heboh beberapa tahun lalu karena kejadian pesawat shukoi yang jatuh di gunung ini dan banyak orang yang bilang kalau ini adalah salah satu gunung angker untuk didaki, terbukti dari beberapa orang yang gue ajak nanjak kesini menolak karna alasan tersebut. Ketinggian gunung salak yang hanya 2211 MDPL tidak membuatnya mudah untuk didaki, perlu perjuangan plus plus untuk mendaki gunung ini. mau tau bagaimana kondisi track gunung salak dan estimasi waktu pendakiannya? Ayo kita bahas!

Sebenernya udah lama pengen nanjak gunung ini karena gunung lokasinya ga jauh dari rumah gue, hanya sekitar 30 menit menuju pos pendakiannya. Pucuk dicinta ulampun tiba! Sekitar pertengahan tahun 2017 gue diajak nanjak ke gunung salak via cimelati sama kakak gw dan rombongan temen kantornya, tanpa perlu berfikir panjang gue langsung mengiyakan ajakannya, yang gue tau ada jalur pendakian lainnya yang juga banyak orang lewat situ, yaitu jalur pendakian salak via pasir reungit (javana spa) tapi ternyata gw diajak via cimelati karena katanya treknya ga separah jalur pasir reungit.

Waktu itu hari sabtu pukul 11:00 gw udah di pos pendakian salak via cimelati, ga pake lama berdoa dan langsung berangkat menuju pos 1, oiya disini gw jalan santai karena ya tau sendiri orang udah “berumur” jalannya ga cepet cepet bgt haha *map bang kalo lu baca artikel ini*. Pertama tama kita melalui jalur tembok sekitar 15 menit sebelum masuk hutan, setelah itu jalur tanah agak menanjak dan tak jauh ada pertigaan, jalan yang diambil adalah jalan sebelah kiri karena jalur ke kanan adalah jalur untuk ke Curug Citaman, tenang saja kalian ga akan bingung soalnya sudah ada petunjuk arahnya. Perjalanan dari pos pendakian ke pos 1 membutuhkan waktu sekitar 45 – 60 menit. Istirahat sembari menunggu adzan beres dan kami langsung melanjutkan perjalanan ke pos 2.

pendakian gunung salak footravelers

Trek dari pos 1 ke pos 2 di dominasi oleh jalan mendatar dan tidak begitu menanjak. Setelah berjalan sekitar 45 – 60 menit kami sampai di pos 2, disini tempatnya lapang bikin mager jalan lagi. Tapi kami tak begitu lama beristirahat karna perjalanan ke pos 3 hanya ditempuh dalam waktu 10 menit saja dengah kontur tanah agak menanjak dari sebelumnya.

Karena sudah agak lapar dan ternyata ini adalah pos air satu satunya di jalur pendakian salak via cimelati, maka kami masak dan solat terlebih dahulu disini sebelum melanjutkan perjalanan ke pos 4, karna katanya trek dari sini ke atas sudah gabisa nyantai lagi. Setelah 1 stengah jam kami istirahat dan makan di pos 3, kami melanjutkan perjalanan  menuju pos 4 dan tidak lupa mengisi cadangan air kami karna seperti yang sudah disebutkan bahwa ini adalah satu satunya pos air di jalur cimelati.

pos 3 tempat pengisian air terakhir
Setelah kira kira 20 meter berjalan, benar saja jika jalan yang akan kita lalui jadi lebih berat, treknya didominasi batu dan akar selain itu kontur jalannya juga lebih menanjak lagi, tak heran jika waktu yang dibutuhkan untuk sampai di pos 4 sekitar 1 stengah – 2 jam perjalanan. Nanjak gunung salak ini ujian, kamu tak akan kuat, biar aku saja haha (virus dilan) tapi ini ga bohong, makin ke atas ternyata treknya makin menggila terbukti dari pos 4 ke pos 5 sebenarnya jaraknya tak begitu jauh tapi karna jalan berbatu dan berakar, menjadikan waktu tempuhnya semakin lama sekitar 1 – 1 jam 20 menit untuk sampai ke pos 5. Di pos 5 kami beristirahat sambil memakan persediaan makanan yang kami bawa, waktu sudah menunjukan pukul 17:50 dan hari semakin gelap, oiya di perjalanan dari pos 4 – 5 kami berpapasan dengan beberapa orang bapak bapak-bapak yang turun dari puncak dan hanya membawa tas soren kecil saja, setelah kami tanya ternyata mereka nanjak ke puncak untuk ziarah kubur.

Setelah selesai makan, sekitar pukul 18:30 kami melanjutkan perjalanan ke pos 6, kaki sudah mulai enggan melangkah sebenarnya, karena sudah sekitar 7 stengah jam kami belum sampai puncak juga, mungkin ini rekor nanjak paling lama gue, biasanya nanjak paling lama 7 jam sudah sampai tempat camp. Waktu yang dibutuknan dari pos 5 – pos 6 sekitar 15 – 30 menit saja. Dari sini gue udah seneng banget, katanya ini pos terakhir sebelum puncak yang berarti puncak udah ga jauh lagi. Kita ga istirahat lama-lama disini karena udara malam bikin kami kedinginan kalo kelamaan istirahat.

Lanjut jalan, track masih didominasi akar dan tanah tapi batunya udah jarang tapi di sepanjang jalan ke puncak ini mulai turun kabut ditambah headlamp yang dibawa beberapa ada yang ga nyala. 30 menit jalan sambil sesekali istirahat  tapi kok ni puncak belum keliatan, padahal ngarep banget puncak ga jauh dari pos 6. Badan udah capek banget, kaki apalagi dari siang diporsir buat nanjak trek yang didominasi akar dan batu. Akihirnya setelah 70 menit berjalan dari pos 6 kami sampai di puncak, gue langsung tiduran beralaskan tanah dan tas untuk bersandar haha, saking capeknya dan kebetulan cuaca di puncak waktu itu sedang bersahabat, lihat ke atas langsung hamparan bintang-binang karna disini minim pencemaran cahaya, tapi lama lama dingin juga ternyata, gue langsung bongkar tas dan pake jaket, sebenernya kebiasaan sih kalo kemaleman nanjak biasanya gue ga pake jaket karena kalo jalan gabakal kerasa dingin dan akhirnya kedinginan sampe menggigil kalo udah istirahat di tempat tujuan. Disitu kami langsung bangun tenda dan memasak air hangat supaya kami tak kedinginan, ga lupa masak makanan karena kita udah laper banget dari siang Cuma makan mie di perjalanan.

pendakian gunung salak footravelers

Kalau lagi cerah salak debes bgt dah, bintang keliatan banget, sunrise jelas banget dengan silluete gunung gede dari kejauhan, kayanya sunset juga disini bakal keliatan sih tapi sayang gue ga liat karna kemaleman. Tapi kalau cuaca hujan jangan harap deh bisa gampang nanjak salak hehe.

Berikut ringkasan waktu yang dibutuhkan untuk pendakian gunung salak via cimelati

No Rute Waktu Tempuh
1 Gerbang Pendakian - Pos 1 45 menit - 1 jam
2 Pos 1 - Pos 2 40  menit - 50 menit
3 Pos 2 - Pos 3 10 menit
4 Pos 3 - Pos 4 1 jam 15 menit - 2 jam
5 Pos 4 - Pos 5 1 jam
6 Pos 5 - Pos 6 20 menit - 30 menit
7 Pos 6 - Puncak Manik 1 50 menit - 1 jam 15 menit

jam 10:00 pagi kita udah mulai jalan plang karna takut kesorean. Gue dan 1 orang dari rombongan jalan setengah lari dan ini result nya

No Rute Waktu Tempuh
1 Puncak Manik 1 - Pos 6 17 menit
2 Pos 6 - Pos 5 7  menit
3 Pos 5 - Pos 4 15 menit
4 Pos 4 - Pos 3 28 menit
5 Pos 3 - Pos 2 3 menit
6 Pos 2 - Pos 1 10 menit
7 Pos 1 - Gerbang Pendakian 20 menit

Jam 3 gue udah nyampe gerbang pendakian, kok lama ya? Iya lama nunggu yang dibelakang soalnya dan lama istirahatnya.

Nah itu cerita gue pas nanjak salak, kalau ada yang mau nambahin cerita, monggo di komen yaa. semoga artikelnya bermanfaat.

"Dunia Seluas Langkah Kaki" - Footravelers

1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

2. This comment has been removed by the author.

3. Khasiat Kijing Untuk Ayam Bangkok Aduan (Kerang Hijau). Ayam bangkok membutuhkan beberapa menambahkan makanan yang bergizi untuk tingkatkan jenis makanan.

Baca Artikel Selengkapnya Disini.