Estimasi Biaya Pendakian Gunung Merbabu 2017 Via Suwanting

Estimasi Biaya Pendakian Gunung Merbabu 2017 Via Suwanting

Selamat datang di blog kami, ini adalah artikel ke 2 yang kami buat untuk blog ini setelah sebelumnya kami menulis artikel berjudul "Curug Cikaracak Curug Indah Di tepian Kabupaten Bogor". Beberapa waktu yang lalu kami telah melakukan perjalanan spiritual *eh salah* maksud kami melakukan pendakian ke salahsatu gunung yang ada di jawa tengah. Merbabu, ya merbabu! Kami dengan antusias melakukan perjalanan ini dan sekarang kami akan berbagi estimasi biaya yang dibutuhkan untuk mendaki gunung merbabu di tahun 2017. Silahkan baca sampai habis untuk mengetahui budget ke merbabu dari jakarta, kami juga menuliskan tentang transportasi dari jakarta menuju gunung merbabu via suwanting.
Kami berangkat menuju gunung merbabu dari Jakarta pada hari kamis malam dan berencana untuk melakukan pendakian pada keesokan harinya yaitu hari jumat dan turun di hari sabtu. Dari Jakarta kami menggunakan transportasi kereta api tawang jaya menuju ke semarang poncol dengan harga Rp. 120.000 per orang. Mengapa semarang poncol? Karena kami tidak kebagian kereta ke semarang tawang ataupun ke lempuyangan, mau tidak mau kami memesan tiket ke semarang poncol yang pastinya jaraknya lebih jauh jika dibandingkan dua stasiun yang telah disebutkan sebelumnya. Oiya kami berangkat 4 orang dan total tiket kereta adalah Rp. 480.000. Tips dari kami jangan pernah pesan tiket kereta h-2 seperti kami.
Sekitar pukul setengah 07.00 kami tiba di stasiun semarang poncol dan  langsung ditawari taksi. Oiya sebelumnya kami telah memutuskan untuk mendaki lewat jalur suwanting. Kami tidak berencana untuk naik taksi sebelumnya, tapi setelah memikirkan aspek waktu akhirnya kami memutuskan untuk nego harga dengan abang taksinya. Pertama sang sopir menawarkan Rp. 450.000 sampai basecamp suwanting (buset ini mah namanya pemborosan). Setelah nego nego akhirnya kami pun sepakat di harga Rp. 320.000 sampai basecamp suwanting dan tidak ada biaya pungutan apa-apa lagi. Oiya jika kalian tidak ingin naik taksi kalian bisa ngecer naik bis, angkot dan ojek harganya sekitar Rp. 65000-70.000 per orang sampai basecamp suwanting. Atas dasar ini karena ongkos hanya beda 10.000 kami memutuskan untuk naik taksi, tinggal duduk dan tidur dan tidak usah naik turun kendaraan hehe. Jam 07.30 kami berangkat dari stasiun dan abangnya menawari kami untuk makan di warung tuna pepes langganannya. Makan disini sekitar Rp. 10.000 per orang.
kami menyimpan kontaknya, jika ada yang membutuhkan silahkan dihubungi.



Setelah perjalanan sekitar 3 jam kamipun sampai di basecamp suwanting. Karena nanggung sudah jam 10.30 di hari jumat maka kami pun memutuskan untuk melakukan pendakian seusai solat jumat. Simaksi pendakian dipatok Rp. 18500 per orang atau Rp 74.000 untuk 4 orang. Dan Alhamdulillah di saat pendakian tidak ada hal yang menghambat kami, naik dan turun selamat tanpa ada yang tertinggal atau sengaja ditinggalkan hehe.

puncak kelenteng songo

puncak kelenteng songo merbabu

Jika sebelumnya kami naik jalur suwanting, ketika turun kami memutuskan untuk lintas jalur yaitu jalur selo. Dari puncak jam 14.00 dan sampai di selo jam 19.30 karena kami mamang tidak terburu” untuk turun. Sampai di basecamp selo kami diajak untuk pulang bareng dengan rombongan lain dengan menggunakan mobil charteran, kebetulan tujuan kita sama yaitu jogja tepatnya di malioboro maka kami memutuskan untuk gabung dengan rombongan ini saja. Harga mobil charteran yaitu Rp 65.000 per orang, atau sekitar Rp. 520.000 untuk 8 orang. Jika hanya 4 orang saja angkutan pasti lebih mahal sekitar Rp. 80.000-100.000 per orang tergantung bagaimana kesepakatannya. Setelah makan dan mandi kami pun berangkat jam 21.00 dan tiba di jogja sekitar jam 00.30 hari minggu. Sebenarnya bisa lebih cepat tapi karena jalan yang kami lalui kemarin sedang dalam perbaikan akhirnya kami terjebak macet panjang seperti terjebak kenangan mantan yang tidak ada habisnya *aduh*.
Jam 00.30 mau ngapain di malioboro? Malioboro gapernah tidur bro! hehe keesokan hari nya kami pun pulang dengan menggunakan kereta bengawan dari stasiun lempuyangan ke stasiun senen sehargan Rp. 74.000 per orang.

Perhitungannya adalah sebagai berikut :
No Kegiatan Harga
1 Logistik Rp. 60.000
2 Kereta Ps. Senen – Smg Poncol Rp. 120.000
3 Taksi Smg Poncol – Basecamp Suwanting Rp. 80.000
4 Makan Pagi Rp. 10.000
5 Simaksi Rp. 18.500
6 Charter mobil selo – Jogja Rp. 65.000
7 Kereta Lempuyangan - Ps. Senen Rp. 74.000
8 Biaya jajan dan biaya tak terduga Rp. 100.000
9 Jumlah Rp. 527.500

jadi  budget mendaki ke gunung merbabu dari jakarta untuk setiap orang adalah Rp. 500.000 - 550.000, jika kalian dari daerah lain, hitung saja ongkos pergi-pulang daerah kalian dan tambahkan dengan perhitungan dari kami.
Untuk sekedar info, di gunung merbabu jarang atau bahkan tidak ada pedagang di jalur pendakian seperti gunung-gunung lainnya jadi kalian bisa hemat biaya karena kalian tidak akan jajan hehe. Untuk estimasi biaya pendakian gunung semeru april 2018, bisa dilihat pada TKP INI dan untuk Estimasi Waktu Pendakian Gunung Semeru bisa dilihat DISINI dan untuk Pengalaman Pendakian Gunung Salak bisa dilihat DISINI.
kalau kalian ingin mengeahui perjalanan kami ke gunung merbabu, kami akan mengupload cerita perjalanan kami, nantikan artikelnya segera di blog ini. Artikel selanjutnya yang kami buat digunakan untuk mencaritahu rute pendakian merbabu yang paling mudah serta kelebihan dan kekurangan setiap jalur pendakian yang ada di gunung merbabu.
terimakasih sudah mengunjungi blog kami, silahkan share kalau memang artikelnya bermanfaat.

Silahkan share artikel ini jika artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa follow akun instagram kami @footravelers.id.

"Dunia seluas langkah kaki" - FooTravelers
SHARE

1 comments: