Estimasi Waktu Pendakian Gunung Semeru

Hello footravellers..
I have a lot of moments that I wanna write down here.. it’s so recomended for you all that want to go to semeru.. read carefully okey :D

footravelers estimasi waktu pendakian semeru


Gunung semeru adalah gunung tertinggi dipulau jawa, dengan puncak mahameru yang ketinggiannya sampai 3676 MDPL menjadikan semeru sebagai destinasi pendakian yang menantang untuk pendaki lokal maupun internasional. Pendakian gunung semeru ini bisa dibilang susah susah gampang, tergantung sampai mana tujuannya, sampai ranukumbolo, kalimati atau bahkan sampai puncak mahameru? Maka dari itu pendakian gunung semeru ini butuh persiapan mulai dari biaya pendakian gunung semeru (estimasi biaya), jarak tempuh, kondisi jalur/rute pendakian, sampai estimasi waktu pendakian gunung semeru juga harus diperhatikan. Banyak juga yang bertanya bagaimana mendaki mahameru untuk pemula? Ya asal didampingi oleh yang sudah berpengalaman ya tidak apa apa. Disini gue bakal cerita pengaalaman gue mendaki gunung semeru dan estimasi waktu pendakiannya. oke .. let’s begin our story

Liburan semester ini, bener-bener liburan panjang, hampir 3 bulan lamanya. So, kalo cuma ngutek-ngutek di rumah itu pasti bosen banget kan, alhasil gue buat jadwal sendiri buat ngetrip. Temanya dalam rangka 17 Agustusan, ada teman anak lumajang yang nawarin buat muncak ke semeru dan upacara disana. So excited, kalo udah di ajak muncak gitu rasanya sayang sekali buat di lewatkan yah guys :D. Tanpa berpikir panjang gue langsung nentuin jadwal terbang ke Malang, tempat rantauan gue yaitu pas di tanggal 12 Agustus. 

Trip kali ini bener-bener mendadak banget, soalnya waktu gue baru menginjakan kaki di tanah Malang, gue sakit. Cuaca malang seakan nyerbu gue, udah kaya game COC pas lagi “war”. Semua rasanya beda, deman pilek-pilek meler gitu kan ga enak banget. Karena sakit itu akhirnya gue ga pasti mau ikut pendakian kali ini apa engga, soalnya syarat utama saat ingin melakukan pendakian adalah Fit alias sehat jasmani dan rohani. Next, sampailah di tanggal 15 Agustus dan gue harus ngasih kepastian untuk tetep ikut pendakian atau engga. Akan tetapi, pendakian ke semeru kali ini bakalan cuma sampai Ranukumbolo aja karena banyak kemungkinan yang engga bisa kita tebak kalo sampai ke summit eits jangan kawatir, gue tetep tulisin estimasi waktu dari ranukumbolo ke puncak mahameru juga kok. Untungnya, tanggal 16-nya badan gue udah lumayan sehat jadi gue putusin untuk ikut serta pendakian ke semeru. Ga nyangka aja trip yang gue sama Aan (temen gue asal Lumajang) rencanain bakal banyak yang ngikut. Team kita untuk pendakian kali ini ada 14 orang, baru kali ini gue mendaki gunung sama orang selusin lebih. But, I’m so happy akhirnya bisa di pertemukan sama temen-temen baru.

Tepat di tanggal 17 Agustus 2016, pukul 08.00 pagi kita berangkat dari malang menuju tumpang menggunakan motor kesayangan kita masing-masing, dan sampai Ranupani sekitar jam 12.30 untuk langsung parkir motor dan ngelanjutin perjalanan dengan jalan kaki ke tempat perizinan dan pembelian tiket. Perjalanan dari parkiran Ranupani sampai loket itu cuma butuh waktu 5 menit. Akhirnya, sampailah team gue di tempat loket dan persyaratan yang harus di lakukan oleh para pendaki sebelum mendaki ke semeru adalah mengikuti briefing yang diadakan oleh team saver semeru.

footravelers estimasi waktu pendakian semeru

Team gue mengikuti briefing sekitar jam 2 siang dan selesai briefing itu sekitar jam 3 sore. Dalam ruangan briefing itu, kita diberitahu detail mengenai situasi semeru dan sekitarnya. Dari mulai hewan apa saja yang masih ada di gunung semeru, jalur mana saja yang boleh di lalui, apa saja yang engga boleh dilakukan para pendaki selama dalam perjalan, kejadian apa aja yang pernah ada di semeru. Pokoknya tuh briefing banyak banget ngasih para pendaki informasi mengenai lokasi gunung semeru deh. Meskipun briefingnya memakan waktu yang cukup lama, tapi yakinlah kalian bakalan beruntung udah dengerin briefingan itu. Lanjut lagi, habis team gue mengikuti briefing kita pergi ke tempat loket untuk ngasih persyaratan wajib yaitu surat keterangan sehat dari dokter. Dalam briefingan tadi, para saver itu memberi tau para pendaki bahwasanya surat keterangan sehat tidak boleh berupa scan dan harus asli, sedangkan punya team gue itu berupa scan. As a result, team gue di tahan selama 30 menitan gara gara suratnya itu ga asli, dan kita harus mengisi surat perjanjian di atas materai untuk engga melakukan hal itu lagi. *bagi para pendaki yang mau pergi ke semeru, harap bawa surat keterangan dokternya yang asli ya gengs, soalnya kalo ga gitu nama team kalian akan masuk ke dalam blacklist nama-nama pendaki yang dilarang mendaki ke semeru*.

Akhirnya, sekitar jam 4 sore team gue baru bisa melakukan pendakian. Bagi pendaki pemula, menurut gue kalian sebelum ke semeru setidaknya harus olahraga sekitar seminggu sebelum pendakian. Meskipun trekking semeru ga terlalu susah, tapi tetep aja harus butuh latihan fisik sebelumnya. Perjalanan dari gerbang “selamat datang para pendaki semeru” sampai ke pos 1 itu lumayan jauh dan butuh waktu agak lama, sekitar 2 jam berjalan. Jangan khawatir, ternyata di gunung semeru itu di setiap posnya ada warung, jadi bagi pendaki yang ga mau kehabisan logistik tapi udah kelaperan di jalan.. kalian bisa beli jajanan di setiap pos. Tapi jangan kaget kalo harganya bisa 2x lipat dari harga jajanan di rumah, contohnya gorengan. Biasanya kalo di rumah itu harga gorengan Cuma sekitaran 1000 dan kalo disana jaadi 2500/gorengan. Well, persiapkan materi kalian juga ya gengs kalo mau ke semeru. Dari pos 1 ke pos 2 estimasi waktunya adalah sekitar 1 jam dan keadaannya udah mulai menjelang malam sekitar jam 6 sore.

footravelers estimasi waktu pendakian semeru
pemandangan dari jalur pendakian semeru
Trekking dari pos 1 ke pos 2 masih tetep enak, jalurnya melandai dan terkadang ada naik turunnya tapi ga begitu ekstrim. Lanjut dari pos 2 ke pos 3 trekking masih tetep sama, cuma aja ada salah satu trek yang jalurnya sempit banget karena tanahnya itu longsor dan kalo kita ngeliat bawah itu udah jurang yang curam. Jadi kita para pendaki harus berpegangan ke sebuah tali dan jalan bergantian satu persatu dengan ekstra hati-hati. Perkiraan waktu yang di tempuh dari pos 2 ke pos 3 sekitar 1 jam perjalanan dan saat itu hari udah mulai malem. Perjalanan malam atau trekking di malam hari itu lebih memakan banyak waktu ya menurut gue, soalnya kenapa ? karena oksigen yang ada di sekitar kita itu sudah mulai berkurang dan alhasil para pendaki yang melakukan trekking malam akan lebih sering beristirahat karena kurangnya daya serap oksigen yang tubuh kita perlukan. Waktu trekking malam Alhamdulillah banget team gue ga perlu banyak-banyak make senter dan head lamp, soalnya sang rembulan pas banget lagi terang-terangnya dan menunjukkan kita ke jalan yang benar *hahaa, udah kaya ceramah aja gue yak :p*.

The last our trekking is.. dari pos 4 menuju ranukumbolo. Estimasi waktu Cuma butuh waktu sekitar 15 menitan, tapi jalurnya menurun banget dan licin. Menurut gue meskipun trekkingnya menurun tapi engga begitu ekstrim, ga kaya trekking-nya dari pos bayangan ke puncak penanggungan kok :D (mungkin bagi kalian yang sudah pernah mendaki gunung penanggungan dan semeru pasti tau perbedaannya)

Tibalah kita di ranukumbolo pukul 20.00, engga terasa perjalanan kita dari ranupani sampai ranukumbolo itu memakan waktu 5 jam, umum lah kalo segitu. But, suhu malam itu bener-bener dingin sekali.. kata orang-orang sekitar sih kira-kira -2˚ Celcius. Setelah sampe di ranukumbolo, tanpa buang-buang waktu kita segera nyari tempat yang tepat buat mendirikan tiga tenda. Dalam keadaan tangan dan badan yang menggigil kedinginan kita harus cepet-cepet masang tenda dan masak untuk mengahangatkan diri dan mengisi perut yang udah keroncongan engga karuan.

Langsung aja cerita pagi hari waktu di ranukumbolo yah..

Entah kenapa waktu ngeliat sunrise di ranukumbolo itu bagaikan danau yang lagi di taburin butiran emas, so beautiful.. and I can’t explain how beautiful that moment.. pokoknya kalo udah sampe ranukumbolo semua kesel dan capeknya bakalan hilang seketika

footravelers estimasi waktu pendakian semeru

footravelers estimasi waktu pendakian semeru

footravelers estimasi waktu pendakian semeru


Berikut setimasi waktu pendakian gunung semeru yang telah kami rangkum dari ranu pani sampai puncak. Kok sampai puncak padahal di ceritanya Cuma sampai ranukumbolo? Karena sebelumnya gue pernah ke puncak juga hehe.

No Rute Waktu Tempuh
1 Ranu Pani - Pos 1 1 jam - 1jam 30 menit
2 Pos 1 - Pos 2 30  menit - 1 jam
3 Pos 2 - Pos 3 1 jam - 1 jam 45 menit
4 Pos 3 - Pos 4 45 menit
5 Pos 4 - Ranu Kumbolo 15 menit
6 Ranu Kumbolo - oro oro ombo 30 menit
7 oro oro ombo - cemoro kandang 30 menit
8 Cemoro kandang - Jambangan 1 jam - 1 jam 30 menit
9 Jambangan - Kali Mati 15 menit - 30 menit
10 Kali Mati - Arcopodo 1 jam 30 menit
11 Arcopodo - Puncak Mahameru 4 jam 30 menit - 5 jam 30 menit
So, kalian kapan mau ke ranukumbolo guys atau mungkan ada yang mau ke puncak semeru? Tapi kalo kesini jangan lupa juga yah buat “bawa kembali sampahmu pulang” karna kalo kalian buang sampah sembarang apalagi pas di gunung itu namanya “GA KEREN” :) 

Semoga artikelnya bermanfaat bagi kalian yang akan mendaki gunung semeru untuk artikel estimasi biaya pendakian semeru silahkan visit web partner kami simak juga estimasi biaya pendakian gunung merbabu. Ingat, tujuan utamanya bukanlah puncak tapi rumah, jadi jangan memaksakan kalau kondisi tidak memungkinkan. Terimakasih telah membaca.

"Dunia seluas langkah kaki" - @footravelers

SHARE

7 comments:

  1. Gan kenapa ga nyampe puncak?? ceeitakan dong? biar saya tau. saya ingin ke luncak sumeru. ceritakan jga pengalaman waktu ke pumcaknya. thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maap saya belum sempet nulis lagi kak, dulu saya dari kalimati berangkat jam 11 malem, nyampe batas vegetasi (pohon terakhir sebelum trek pasir) itu sekitar jam 12 malem, dari situ jalan udah trek pasir sampe atas jalan ngesot, kalo gaada kendala bisa nyampe puncak jam stengah 5 / stengah 6 kak.
      sebenernya asuransi pendakian gunung semeru cuma sampe kalimati saja dan ga disarankan buat muncak ke mahameru 3676mdpl nya, tapi kalo emang yakin gapapa mau naek juga tentunya tanpa asuransi ya kak

      Delete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  3. Agen Slot Terbaik

    Agen Situs Terbaik
    Situs Agen Judi Online

    Untuk semua para Bettor di seluruh Indonesia
    Ayo Buruan gabung sekarang juga bersama kami di situs 88CSN.
    Situs 88CSN merupakan sebuah situs yang sudah lama berdiri yang menyediakan jasa permainan judi yang terpercaya dan teraman dengan pelayanan yang terbaik dan proses deposit & withdraw tercepat !

    HOT PROMO :

    Bonus Deposit New Member 120%
    Bonus Deposit Happy Hour 25%
    Bonus Deposit Poker 20% Permainan Poker.
    Bonus Deposit Harian 5% untuk semua Permainan.

    Rebate :
    Casino 0,8%
    Sportbook 0,8%
    Slot Games 0,8 %

    Minimal deposit 50rb
    Minimal penarikan 50rb
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    WA : 081358840484
    BBM : 88CSNMANTAP
    Facebook : 88Csn
    https://bit.ly/2ENk1VF

    ReplyDelete
  4. Agen Slot Terbaik

    Agen Situs Terbaik
    Situs Agen Judi Online

    Untuk semua para Bettor di seluruh Indonesia
    Ayo Buruan gabung sekarang juga bersama kami di situs 88CSN.
    Situs 88CSN merupakan sebuah situs yang sudah lama berdiri yang menyediakan jasa permainan judi yang terpercaya dan teraman dengan pelayanan yang terbaik dan proses deposit & withdraw tercepat !

    HOT PROMO :

    Bonus Deposit New Member 120%
    Bonus Deposit Happy Hour 25%
    Bonus Deposit Poker 20% Permainan Poker.
    Bonus Deposit Harian 5% untuk semua Permainan.

    Rebate :
    Casino 0,8%
    Sportbook 0,8%
    Slot Games 0,8 %

    Minimal deposit 50rb
    Minimal penarikan 50rb
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    WA : 081358840484
    BBM : 88CSNMANTAP
    Facebook : 88Csn
    https://bit.ly/2ENk1VF

    ReplyDelete